Salah satu tantangan terberat dalam berbisnis dari startup ke tingkat yang lebih tinggi lagi adalah menciptakan “hubungan” dengan konsumen. Membangun hubungan tidak hanya berarti Anda menyediakan produk yang hebat, karena kualitas produk hanya merupakan awal dari sebuah bisnis. Hubungan yang sesungguhnya terjadi saat Anda menemukan cara untuk memberikan nilai dalam kehidupan konsumen Anda, sebelum, selama dan sesudah penjualan. Hubungan membuat konsumen Anda memilih perusahaan Anda dibandingkan perusahaan saingan, meningkatkan kepuasan konsumen selama mereka berinteraksi dengan perusahaan Anda, dan menjaga mereka untuk tetap kembali membeli produk Anda. Ciptakan hubungan bisnis dengan kepuasan konsumen Anda melalui 3 cara berikut ini:
1. Tawarkan penawaran ekstra
Saat konsumen memilih produk mana yang akan mereka pilih, mereka akan dihadapkan dengan begitu banyak tawaran yang kerap kali nampaknya sama antara satu produk dengan produk yang lain. Melihat hal itu, Anda harus membuat bisnis Anda berbeda tidak hanya dengan menunjukan nilai dari produk Anda, tapi juga keunikan yang dimiliki produk Anda. Jika bisnis Anda merupakan bisnis real estate, contohnya, jangan hanya mengirimkan kartu atau selebaran yang berisi gambar real estate Anda. Tapi lebih dari itu, kirimkan juga gambar restoran terdekat bahkan mungkin resep makanan disana, agar pelanggan Anda dapat membayangkan suasana pemukiman disana dan dapat menginspirasi mereka untuk tinggal di sana. Sebagai tambahan bonus, bekerja samalah dengan restoran itu untuk menjadi salah satu PR Anda.
2. Sediakan pusat informasi untuk perusahaan Anda
Waktu yang dimiliki konsumen sangat berharga. Buatlah bisnis Anda terhubung dengan mereka dengan menjadi saringan informasi bagi mereka saat mereka hendak menentukan pilihan untuk membeli produk. Memberikan informasi penelitian singkat atau pendapat para pakar akan memudahkan konsumen untuk menentukan produk yang benar-benar sesuai kebutuhannya. Saat konsumen menelepon dan mengeluhkan tentang masalah perubahan peraturan di daerahnya, hal ini akan memberikan informasi kepada perusahaan bahwa terdapat perubahan di suatu daerah, sehingga perusahaan dapat dengan segera menyusun strategi untuk menghadapi perubahan itu. Dengan begitu perusahaan akan semakin dinamis dan tidak ketinggalan dengan perubahan di luar.
3. Lindungi konsumen Anda, bahkan setelah pembelian
konsumen senang menghabiskan uang mereka ke tempat yang membuat mereka merasa aman. Salah satu cara terbaik untuk tetap terhubung dengan konsumen adalah melindungi mereka bahkan setelah mereka selesai melakukan pembelian. Jika perusahaan Anda adalah perusahaan agen travel, contohnya, jangan biarkan interaksi dengan pelanggan selesai setelah tiket pesawat dibeli.
Buatlah perusahaan Anda tetap menjadi yang pertama kali diingat oleh pelanggan dengan mengirimkan daftar informasi penting perjalanan seminggu sebelum keberangkatan.
Ingatkan mereka tentang peraturan-peraturan yang harus diperhatikan selama perjalanan, berikan juga infomasi yang yang berkaitan dengan masalah kesehatan dan keselamatan mereka di tempat tujuan. Hal ini akan memberikan kesan yang baik, dan membuat konsumen tahu bahwa Anda peduli dengan mereka dan merupakan investasi yang baik bagi mereka sebagaimana mereka juga merupakan investasi yang baik bagi perusahaan Anda. Jika Anda menyarankan mereka untuk membawa barang tertentu yang penting dalam perjalanan, hubungi pula perusahaan penjualan produk terkait untuk mengirimkan brosur barang-barang yang dibutuhkan pelanggan Anda, untuk memudahkan pelanggan Anda membeli barang tersebut. Mungkin saja dengan begini Anda bisa menambah bisnis baru atau membina hubungan yang baik dengan bisnis lain.
Hubungan adalah alat yang paling kuat untuk menumbuhkan bisnis Anda dan menguatkan pasar Anda. Usaha untuk tetap terhubung dengan konsumen Anda dapat meningkatkan kesetiaan dan menciptakan kesempatan marketing, dan memendekan siklus penjualan yang nantinya akan membawa banyak keuntungan untuk bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar